Uncategorized
Perempuan Penggerak Pencegahan Kerusakan Lingkungan

Perempuan Penggerak Pencegahan Kerusakan Lingkungan

Asosiasi PPSW yang didukung oleh Global Affair Canada menjalankan program mitigasi Mitigasi dan Pencegahan Kerusakan Lingkungan melalui Advokasi dan Pemberdayaan Forum Konsultasi Perempuan Desa/Perkotaan di Indonesia adalah proyek yang dirancang untuk membangun kesadaran masyarakat akar rumput dalam upaya pencegahan lingkungan di tingkat lokal. kerusakan dan mendorong kebijakan dan anggaran lingkungan desa/kelurahan. Penggerak program ini sekaligus sebagai penerima manfaat langsung adalah 25 orang perempuan terdiri dari pemimpin perempuan, perempuan muda, perempuan penyandang disabilitas dan perempuan aparat desa dari 5 desa/kelurahan di 5 provinsi di seluruh Indonesia.

Edukasi dan kampanye perubahan perilaku  dilakukan untuk mengurangi sampah seperti kebiasaan membawa air minum dan wadah makanan dari rumah, membawa tas belanja sendiri, memilah sampah dari tingkat rumah tangga. Mereka juga diajari cara mengubah sampah menjadi produk yang bermanfaat seperti furniture sederhana, aksesoris, kerajinan tangan, tas belanja, eco-enzym untuk bahan pembersih.

Proyek selama tujuh bulan yang dilaksanakan mulai September 2021 hingga Maret 2022 berhasil mencapai hasil yang menggembirakan. Diantaranya terbentuknya forum musyawarah perempuan desa/kelurahan yang mendapat pengakuan dari pemerintah desa, dimana sebagian besar usulan mereka tentang pencegahan kerusakan lingkungan telah dimasukkan ke dalam rencana pembangunan desa. Program ini membantu mendorong perubahan perilaku di antara penerima manfaat langsung yang sekarang lebih sadar lingkungan karena mereka mempelajari pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga dan perlindungan lingkungan. Gerakan membangun bank sampah untuk mengelola sampah juga mulai aktif kembali. Hal ini menghasilkan dampak proyek yang lebih luas karena gerakan tersebut tidak hanya menjangkau rumah tangga penerima manfaat tetapi juga masyarakat luas. Selain itu, pemuda dan penyandang disabilitas menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan aktif berpartisipasi dalam forum-forum komunitas.