Menyuarakan Agenda Politik Perempuan

Koalisi Indonesia Beragam yang beranggotakan AMAN Indonesia, Koalisi Perempuan Indonesia, Institut KAPAL Indonesia, Migrant Care, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Pemberdayaan Perempuan Kekapa Keluarga (PEKKA), Kalyanamitra dan beberapa organisasi lainnya, menggelar jalan sehat di Jakarta, Minggu (6/4/2014) pagi, dalam rangka mengkampanyekan 10 Agenda Politik Perempuan.

Acara yang dimulai pukul 07.0 WIB, diikuti 500 orang peserta yang membawa payung bewarna-warni yang bertuliskan 10 agenda politik perempuan. Peserta jalan sehat ini dibagi dua titik start, dari Bundaran Patung Kuda (Jl. Thamrin) dan dari depan Hotel Sahid (Jl. Sudirman). Kedua rombongan yang masing-masing berjumlah 250 orang ini berjalan menuju Bundaran Hotel Indonesia, sambil meneriakkan yel-yel dan menyayikan lagu-lagu kebangsaan.

Kedua masa bertemu di Bundaran Hotel Indonesia lalu berputar mengelilingi Tugu Selamat Datang, dilanjutkan dengan berjalan menuju panggung orasi yang terletak di ujung jalan Teluk Betung, sekitar 200 meter dari Bundaran Hotel Indonesia.

Di panggung, secara bergantian wakil dari masing lembaga berorasi menyarakan agenda politik perempuan. Acara juga diisi dengan flashmob yang di pandu oleh Nani Zuminarni dari PEKKA.

Sekretaris Nasional Asppuk, Mia Ariyana mengatakan, perempuan tidak boleh bersikap golput. Perempuan harus memilih caleg yang peduli pada isu kesejahteraan perempuan.

Berikut ini 10 isu yang menjadi agenda politik perempuan :

  1. Pemenuhan hak kesehatan reproduksi dan seksualitas
  2. Pemenuhan hak pendidikan
  3. Penghentian kekerasan terhadap perempuan
  4. Penghentian pemiskinan perempuan dan kelompok marjinal melalui perlindungan sosial
  5. Perlindungan perempuan dalam situasi konflik, bencana serta pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam
  6. Pemenuhan hak atas pekerjaan yang layak bagi perempuan
  7. Perlindungan atas kebebasan berkeyakinan dan beragama
  8. Hak politik perempuan
  9. Penghapusan produk hukum yang diskriminatif terhadap perempuan dan kelompok minoritas
  10. Penghentian korupsi


Foto-foto kegiatan Jalan Sehat menuju Gerakan Indonesia Beragam dapat dilihat dalam video berikut ini:

Sumber: Rajabasanews.com dan Adi Nugroho (Youtube)

Leave a Reply

Your email address will not be published.