Pameran Produk Dampingan Asosiasi PPSW di KPPA

27 Mei 2021  Asosiasi PPSW  mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti pameran hasil produk umkm para ibu-ibu dampingan untuk wilayah Jakarta. Kelompok-kelompok perempuan tersebut diorganisir dalam bentuk kelompok pengembang sumberdaya wanita (KWPS) dan membentuk koperasi-koperasi perempuan.  Anggota dari kelompok yang dibentuk berasal dari beranekaragam golongan baik kelompok lansia, perempuan kepala keluarga, perempuan muda, perempuan penyintas kekerasan, perempuan miskin dan juga perempuan pengusaha mikro dan kecil.

Para perempuan pengusaha mikro dan kecil ini  sebagian besar  mengawali usaha mereka karena didesak oleh kondisi ekonomi keluarga,  berbekal dengan modal yang dimiliki dan pendampingan yang dilakukan oleh Asosiasi PPSW melalui edukasi tentang literasi keuangan, menajemen usaha kecil dan mikro dan literasi digital, para pengusaha perempuan ini terus eksis menjalankan usahanya kendatipun pada kondisi kurang menguntungkan seperti pada masa pandemi Covid-19 ini.  

Melalui usaha yang digelutinya mereka tidak hanya mendorong perubahan kondisi ekonomi pada keluarganya tetapi juga dapat mendorong akses dan control terhadap sumberdaya yang ada didirinya dan lingkungannya untuk menjadi perempuan yang mandiri dan berdaya.  Mereka juga memberikan pengaruh yang baik bagi lingkungan dimana mereka tinggal. 

Pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan semakin membuka akses sumberdaya  bagi para perempuan tangguh ini untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan kesempatan untuk mempromosikan produk sekaligus peluang untuk bermitra dengan para investor.