Talkshow Online “Daya dan Karya Perempuan Akar Rumput Dalam Melanjutkan Semangat Kartini di Masa New Normal”

Permasalahan ketidakdilan gender, kesenjangan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan masih sering terjadi di masyarakat. Bukan hanya sebatas emansipasi, banyak persoalan-persoalan yang dihadapi perempuan terlebih pada kondisi covid19 saat ini. Pandemic Covid19 yang melanda Indonesia selama 1 tahun ini memiliki ironi tersendiri di mana perempuan dijadikan garda terdepan sebagai pihak yang berperan pencegah serta membantu perawatan kesehatan keluarga maupun lingkungan. Akan tetapi di sisi lain perempuan adalah korban yang paling berat dalam merasakan dampaknya.

Di tengah kondisi yang sulit ini beberapa perempuan berhasil menempa dirinya bukan hanya beradaptasi namun menggerakan perempuan lain dan komunitasnya untuk bangkit bersama-sama melakukan perubahan menuju masa depan bersama yang lebih baik.

Mereka bukanlah bagian dari masyarakat yang berasal dari keluarga terpengaruh di wilayahnya, keterbatasan jaringan serta kemampuan yang dimiliki oleh mereka bukan menjadi sebuah halangan untuk melakukan perubahan. Kendati banyak halangan serta mata-mata tajam yang tidak mempercayai akan kemampuannya, ternyata mereka mampu menggerakan perekonomian masyarakat melalaui koperasi dan usaha mikro yang mereka rintis. Dan juga mereka mampu mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan kedaulatan pangan di tanah di area perkebunan sawit, dimana kita ketahui bahwa tanah perekebunan sawit sulit untuk ditanami.

Mereka dapat membuktikan menggerakan perekonomian masyarakat dan mendorong kemandirian pangan bukan hanya pekerjaan yang identic dengan sifat maskulin tetapi seorang perempuan juga mampu membuat perubahan di segala lini.

Oleh karena itu Asosiasi PPSW didukung oleh BNP Paribas IDX30 Filantropi mengadakan Talkshow Online “Daya dan Karya Perempuan Akar Rumput Dalam Melanjutkan Semangat Kartini di Masa New Normal” . Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi usaha dan karya mereka sebagai perempuan akar rumput dalam menghadapi kondisi sulit.

Kegiatan ini akan berlangsung secara online dengan para narasumber: Keynote Speaker:
I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si.
(Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Pembuka:
Maya Kamdani
(Direktur/Head of Marketing PT. BNP Paribas Asset Management)

Penanggap: Dra. Lenny Nurhayati M.Sc
(Deputi Bidang Keadilan Gender, KPPA)
Dr. Ir, Herien Puspitawati (Kadiv Kesejahteraan Keluarga, Pusat Studi Gender dan Anak IPB)

Narasumber:
Nita Marliana
(Pelopor Gerakan Kedaulatan Pangan Area Perkebunan Sawit, Rokan Hilir, Riau)
Irma Yanuarvi
(Manajer Koperasi, Koperasi Prima, Gandaria Selatan Jakarta Selatan)
Eva Monika Bata
(Perempuan Muda Penggerak Literasi Digital, Kalimantan Barat)

Moderator:
Ratu Viva Saptarina (Direktur PPSW Pasoendan)

Hari/Tanggal : Rabu, 29 April 2021
Waktu : 09.30-12.30 WIB
Tautan Dari : http://bit.ly/KartiniPPSW
meeting id: 89044068817
passcode : 209287