Pentingnya “Cerdas Financial di Era Digital” untuk #AwalYangNyaman

Di tengah kondisi pandemic covid-19 masyarakat dituntut harus mempunyai pengetahuan literasi digital keuangan.  Dimana saat ini ruang untuk beraktivitas dibatasi sehingga dalam menjalankan pekerjaan dan transaksi keuangan harus memanfaatkan teknologi digital.

Melihat hal itu Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita didukung oleh BNP Paribas Asset Management mengadakan diskusi online “Cerdas Financial di Era Digital” pada 30 November 2020. Diskusi online bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai literasi digital keuangan kepada masyarakat, khususnya adalah para ibu kelompok Asosiasi PPSW yang tersebar di 6 provinsi.  

Sekertaris Executive Asosiasi PPSW, Fitriani Sunarto mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda Melalui Pengembangan Bisnis Produk Makan Lokal secara Online dalam upaya meningkatkan kapasitas literasi keuangan para penerima manfaat. Diharapkan dengan adanya diskusi cerdas keuangan ini para penerima manfaat yang juga pemilik UMKM mampu menggunakan teknologi untuk memperkuat usahanya.

Diskusi online ini sendiri dihadiri oleh 2 orang narasumber yaitu, Mudita Ferdiana, Digital Channel Specialist dari Permata Bank.  Kedua narasumber itu mengupas penggunaan teknologi dompet digital  serta perencanaan keuangan masa depan dengan investasi .

Dalam diskusi Mudita Ferdiana menjelaskan penggunaan dompet digital untuk mempermudah  masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan. “Apalagi di kondisi covid-19 seperti saat ini, virus dapat menempel di mana saja termasuk di uang. Dengan menggunakan dompet digital kita tidak perlu khawatir terpapar virusu covid-19 dari uang karena kira sudah bisa langsung saja melakukan transaksi menggunakan handphone. Ditambah kita juga tidak perlu keluar rumah ke tempat ramai untuk membayar tagihan, bpjs,listrik, pulsa dan lainnya, kita di dalam rumah dan menggunakan dompet digital di handphone dan urusan pemabayaran pun terselesaikan”.

 Selain membahas tentang dompet digital, diskusi juga membahas tentang investasi.  “Belum banyak anak muda yang ngeh dengan investasi dan belum menjadi prioritas. Salah satu alasannya adalah karena banyak yang berpendapat bahwa investasi baru akan dilakukan setelah mapan dan berkeluarga. Padahal jauh dari masa ketika Anda menyadari bahwa investasi itu penting, disitulah waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi. Investasi untuk anak muda harus dimulai sedini mungkin agar kehidupan di masa depan lebih terjamin lagi.”