Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melaluui Pendidikan Keuangan dan Akses Pasar Daring

images_buka kas

UMKM merupakan usaha yang menjadi tiang penopang perekonomian Indonesia, diperkirakan sebanyak 30% atau 11.465.7 anggota/ mitra akan Asosiasi PPSW merupan pelaklu usaha mikro baik dibidang Produksi (Kerajinan, Makanan dan lainnya) dan Jasa (Rias Pengantin, Menjahir dan lainnya). Namun perkembangan usaha mereka (PUKM) adalah pendidikan dan keterampilannnperempuan masih rendah, kurangnya inovasi produk, standarisasi kualitas produk masih belum memadai, jaringan pasar yang terbatas sehingga PUKM yang dikelila perempuan dalam kondisi yang hilang timbul.

 

Berbagai hasil studi menampakkan, jika perempuan diberi kesempatan untuk mandiri secara ekonomi, maka ia tidak hanya  membantu dirinya untuk keluar dari kemiskinan, tetapi juga keluarganya, karena pendapatan yang diperoleh perempuan berkeluarga yang bekerja, sebagain besar untuk memenuhi kebutuhan kelurganya.

 

Untuk mengatasi masalah perempuan usaha mikro dampingan PPSW, maka asosiasi PPSW sejak tahun 2014-2018, bekerjasama dengan First State Investments, sebuah perusahaan yang peduli terhadap perempuan miskin. Saat ini tahun ke lima dengan program “ Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Pelaku Usaha Kecil Mikro (PUKM), melalui pendidikan Kuangan dan Akses Pasar” selama 1 tahun, yaitu dimulai sejak November 2018 s/d Oktober 2019. Sejak tahun 2011 sebanyak 3.517 yang telah mendapatkan pendidikan keuangan, pendidikan keuangan ini sangat penting bagi perempuan khususnya PUKM dalam mengelola keuangannya untuk keluarga dan usahanya.

 

Untuk mewujudkan PUKM Indonesia yang memiliki tingkat well financial educated dan pengetahuan manajemen bisnis yang baik sehungga bisa meningkatkan kesejahteraan perlu dikuatkan dengan pendidikan keuangan dengan beragam topik diantaranya; anggaran rumah tangga, jaringanperlindungan keuangan, manajemen bisnis, pinjaman dan hutang, investasi dan perencanaan keuangan, akses pasar via daring. Dengan materi tersebut para peserta dapat memiliki pengetahuan perencanaan keuangan yang baik, sehingga bisa melaksanakan usaha mikro untuk meningkatkan kualitas hidup

 

Program ini dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Jakarta (PPSW Jakarta), Sukabumi (PPSW Pasoendan) dan Aceh (PPSW Sumatra) dengan peserta masing-masing wilayah sebanyak 55 orang, dengan total perempuan 165 perempuan PUKM.