Pelatihan untuk Pelatih dan Penulisan Buku Alumni Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang

Asosiasi PPSW bekerjasama dengan Citi Peka dan Citi Foundation menyelenggarakan Pelatihan untuk Pelatih dan Penulisan Buku Alumni Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang di Wisma Hijau – Depok pada tanggal 9-12 Desember 2014.

Pelatihan selama 4 hari tersebut diikuti oleh 24 orang alumni Angkatan I-Angkatan IV yang terpilih dari 2,600 alumni di 6 proponsi; Aceh, Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat dan Kalimantan Barat.

Dua hari kegiatan tersebut digunakan untuk Pelatihan untuk Pelatih difasilitasi oleh Naswirda (PPSW Jakarta) dan Ratu Viva Saptarina (PPSW Paseondan). Sedangkan Dua hari terakhir digunakan untuk penulisan buku tentang Cerita Sukses Alumni Pelatihan Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang yang difasilitasi oleh Alu Mumu (Tanda Baca) yang sekaligus berperan sebagai penulis buku tersebut.

Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih tersebut perlu dilaksanakan karena kebutuhan perempuan basis dampingan Asosiasi PPSW terhadap Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang semakin tinggi di setiap wilayah.

Hampir semua wilayah mempunyai “daftar tunggu” untuk mereka yang belum bisa mengikuti pelatihan diakrenakan kuota terbatas maksimal 30 orang per kelas. Beberapa perempuan yang bukan anggota Asosiasi PPSW (masyarakat umum) juga mempunyai ketertarikan tersendiri untuk bisa mengkases Pendidikan Keuangan ini.

Selain itu, secara global, Pendidikan Keuangan juga sudah menjadi perhatian khusus di berbagai negara untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi arus globalisasi yang pastinya akan berpengaruh terhadap kehidupan dan perencanaan keuangan bagi para perempuan terutama perempuan akar rumput yang notabene pendapatan di bawah rata-rata.

Melihat beberapa kebutuhan dan kondisi di atas, Asosiasi PPSW menilai bahwa Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh dampingan Asosiasi PPSW serta masyarakat umum.

Untuk itu dibutuhkan kapasitas-kapasitas pelatih yang mumpuni dari para Alumni Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang untuk membantu memperluas manfaat program bersama dengan staf PPSW.

Selain itu, Asosiasi PPSW akan membuat sebuah buku mengenai Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang yang akan dijadikan sebuah buku referensi dan inspirasi bagi masyarkat khususnya perempuan terkait dengan Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang.

Salah satu isi tulisan yaitu cerita-cerita keberhasilan Alumni Pendidikan Keuangan untuk Perempuan di Aceh, Riau, Banten, Jawa Barat, Jakarta dan Kalimantan Barat. Oleh karena itu, peserta TOT Alumni Pendidikan Keuangan untuk Perempuan matang ini diwawancarai oleh Penulis untuk mengetahui lebih dalam atas perubahan yang telah terjadi setelah mengikuti Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang.

Pendidikan untuk pelatih ini menggunakan metode Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi) yang menekankan partisipasi peserta untuk menemukan sendiri kebenaranya melalui pengetahuan dan pengalamannya, selain itu juga akan mengaloaksikan waktu lebih banyak bagi peserta untuk praktek memfasilitasi.

Kini Asosiasi PPSW telah memiliki 3 lapis pelatih Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang. Lapis pertama (first liner) adalah para tutor yang pernah dilatih langsung oleh pelatih dari Tsao Foundation-Singapura.

Kemudian pelatih lapis kedua (second liner) yang dilatih oleh pelatih di lembaga masing-masing dan telah mengikuti pengembangan kapasitas pelatih di tingkat Asosiasi PPSW. Kemudian lapis ketiga (tihird line) adalah para Alumni ini, yang disiapkan untuk melatih peserta untuk Angktan VII dan seterusnya.

Semakin banyak tutor yang bisa melatih pendidikan keuangan maka akan semakin banyak masyarakat yang bisa mengikuti pendidikan keuangan untuk perempuan matang ini. Diharapkan kedepannya perempuan sudah semakin siap untuk menghadapi masa tuanya yang bahagia, damai dan sejahera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.