DVV International Partners Training and Planning Workshop

ImageTepat pada tanggal 19-14 Oktober yang lalu, DVV International mengadakan training dan workshop mengenai perencanaan kegiatan untuk tahun 2010. Tidak hanya itu, materi pun diberikan mengenai membuat Logframe kegitan untuk 2 tahun ke depan, serta proses monitoring dan evaluasi yang baru.

 

Acara ini diadakan di Inna Sindhu Beach Hotel, Sanur-Bali dan dihadiri oleh 23 peserta yang berasal dari Indonesia, India, Filipina dan Jerman. Untuk mengorganisir kegiatan ini, DVV International memilih PPSW sebagai panitia kegiatan yang akan berlangsung selama 6 hari ini, mulai dari membuat surat undangan, pengurusan visa, mengatur akomodasi di Bali, serta administrasi pelaksanaan training dan workshop.

 

 

Materi yang diberikan adalah up-date informasi mengenai metode perencanaan, monitoring dan evaluasi yang difasilitasi oleh Karin Augustat – konsultan DVV International. Selain training dan workshop yang dilakukan di dalam kelas, pada hari ke tiga juga diadakan kunjungan sebagai studi banding ke sebuah area eco-tourism di desa Kiadan, kecamatan Pelaga – sekitar 45 km sebelah utara Denpasar. Pelaga adalah salah satu daerah dampingan Yayasan Wisnu-Bali, yang merupakan anggota SEAPCP (South East Asia for Popular Communication Program), dimana SEAPCP adalah mitra DVV International dalam program Pendidikan Orang Dewasa.

 

Di Pelaga, peserta disuguhi dengan Cinnamon coffee, yang dibuat sendiri oleh masyarakat Pelaga dari hasil kebun kopi yang sudah mereka kelola sejak lama dan diekspor ke luar negeri. Setelah menikmati kopi lokal ini, peserta diajak berkeliling ke perkebunan dan peternakan yang dikelola oleh penduduk lokal Pelaga. Setelah berkeliling, peserta disuguhi makan siang berupa masakan yang dibuat dari bahan makanan organik, mulai dari beras, sayur, kedelai, dan buah. Seluruh bahan itu diproduksi dan diolah oleh masyarakat lokal Pelaga.

 

Seluruh acara di workshop dan training bisa berlangsung dengan lancar, dan lokasi training yang berada di pinggir pantai  pun menjadi nilai tambah yang dapat membuat peserta tidak terlalu bosan berada di dalam ruangan. @chiet

Leave a Reply

Your email address will not be published.