CSR Citibank, Ibu-Ibu Kota Pontianak Dilatih Cara Mengelola Keuangan

Angkatan 8

Bisnis.com, PONTIANAK – Citi Peduli dan Berkarya, program corporate social responsibility Citibank N.A berkomitmen memberikan pendidikan laporan keuangan bagi kaum perempuan di Kota Pontianak untuk keluar dari kesulitan finansial dan mendorong munculnya wiraswasta usaha mikro.

Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A. Anjungsari mengatakan, pendampingan program CSR dari Citi Peka tersebut dengan menggandeng lembaga swadaya masyarakat yang menyasar kaum perempuan yang tinggal di wilayah urban tetapi berpenghasilan menengah ke bawah.

“Di Pontianak kami memperoleh data dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Wanita (PPSW) ada ibu-ibu yang memiliki pendidikan tamat SD dan SMP, memiliki kecerdasan finansial rendah dan seringkali ibu-ibu ini terpaksa untuk mengelola keuangan keluarga,” kata Puni kepada Bisnis, belum lama ini.

PPSW kemudian terlibat dari awal membuat program pendidikan keuangan dan mendanai program tersebut sejak 2011. Keterlibatan PPSW tidak hanya di Kalbar, ada juga di Aceh, Riau, Jakarta, Banten, dan Kalbar Jawa Barat.

Puni mengatakan, keterlibatan sukarelawan Citi Peka untuk membidik perempuan berusia produktif 60% melek keuangan dan 40% kelak mampu membuka usaha di masing-masing kota tersebut.

Total jumlah peserta pelatihan pendidikan keuangan dengan program PPSW di kota-kota itu mencapai 3.906 peserta.

“Kami ini ingin merubah pola pikir mereka supaya bisa mengelola keuangan sejak dini itu dan kami ingin fokus pada pencatatan keuangan dan nanti berguna untuk masa depan mereka. Rata-rata perempuan (binaan Citi Peka) tamatan pendidikan rendah.”

Dia berharap perempuan-perempuan binaan pihaknya di Pontianak mempunyai keahlian pencatatan keuangan lebih canggih dengan memanfaatkan teknologi smartphone seperti yang dilakukan oleh petani padi di Indramayu yang merupakan lokasi binaan Citi Peka.