Berkah Dari Budidaya Ikan Lele dan Arwana Silver

Ibu Aslamiah, pontianak

Kak As, begitu sapaan akrab ibu dari 3 orang anak ini dipanggil oleh rekan-rekan kelompok perempuan Swadaya. Nama lengkapnya Aslamiah, dia salah satu perempuan petani padi. Sebelum bergabung di PPSW Borneo, kak As sudah memulai untuk membuka usaha budidaya ikan lele dan ikan arwana jenis silver tepatnya pada tahun 2007.
Ketika pertama kali memulai usaha budidaya ikan lele kak As mengeluarkan dana sebesar 1 juta rupiah. Dengan modal tersebut dia membeli benih ikan lele sebanyak 1000 ekor, serta ikan arwana sebanyak 20 ekor.

Saat itu omset penjualan ikan belum terlalu besar sehingga kak As juga ingin meningkatkan pendapatannya dengan bercocok tanam padi, agar kebutuhan pokok keluarganya terpenuhi. Dalam setahun dua kali tanam dan panen, sekali panen bisa mencapai 1 ton lebih.

Pada tahun 2008, kak As bertemu dengan PPSW Borneo dan bergabung menjadi anggota kelompok Swadaya. Setelah bergabung di kelompok dan melakukan kegiatan simpan-pinjam secara rutin, kak As memberanikan diri untuk meminjam modal di kelompok untuk mengembangkan usaha ikan lele dan arwana silver.

Dari pinjaman di koperasi kelompok, saat ini usaha lele bu As sudah berkembang menjadi 6000 ekor ikan lele dan 50 ekor ikan Arwana jenis Silver. Saat ini omset yang bu As dapatkan dari usaha ikan lele dan Arwana silvernya kurang lebih 8 juta setiap panennya.

Dengan pendapatan yang terus meningkat tersebut, kak As sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, untuk biaya sekolah anak-anaknya dan sebagian lagi ditabung untuk keperluan hari tuanya.