Tokopedia MeetUp: Pasar Online untuk Dampingan Asosiasi PPSW

Tokopedia metup-PPSW

Banyak pebisnis yang sudah cukup sukses dengan bisnis mereka secara offline. Namun, bisnis haruslah terus berkembang. Jangan sampai bisnis tersebut hanya bisa sukses di satu tempat saja. Demikian juga yang selama ini sudah dilakukan Asosiasi PPSW bersama kelompok dampingannya. Banyak anggota kelompok yang mempunyai usaha, baik kerajinan, makanan, minuman dsb, namun sulit memasarkan produk-produknya. Untuk itu, Asosiasi PPSW bersama Tokopedia dan Asppuk (Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil) menyelenggarakan acara Tokopedia MeetUp. Acara yang diadakan pada tanggal 15 September di Kantor Asosiasi PPSW ini dihadiri oleh para pendamping dan penangungjawab usaha-usaha dampingan.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh M. Suhud, Sekretariat Manajer PPSW, yang mengucapkan terimakasih atas kedatangan tim Tokopedia dan juga para peserta yang berasal dari lembaga PPSW Pasoendan, PPSW Sumatra, Sekretariat Asosiasi PPSW, Pekka dan Appuk. Suhud juga mengingatakan peserta bahwa dalam workshop ini selutuh peserta diwajibkan membawa gatget (HP, Tablet, dsb) yang terhubung ke internet. Ternyata memang semua peserta sudah membawa dan untuk koneksi internet peserta menyambungkannya ke hotspot PPSW secara gratis.

Setelah itu acara diserahkan ke Dini sebagai Business and Merchant Development Tokopedia yang memperkenalkan tim-nya dan langsung membuka dengan permainan ala Eat Bulaga, yaitu menebak kata oleh 4 peserta yang sukarela maju ke depan peserta; Tris, Helga, Dede dan Rian.

Masuk ke acara inti, Viani dari tim Business and Merchant Development Tokopedia memberikan sedikit perkenalan mengenai dunia e-commerce kepada para peserta. Tidak lupa, viani juga memperkenalkan Tokopedia platform e-commerce yang dapat mereka manfaatkan untuk dapat memperluas pasar via online. Materi yang disampaikan oleh viani tersebut secara antusias disambut dengan serius oleh para peserta.

Sesi selanjutnya adalah workshop buka toko online di Tokopedia. Di dalam sesi ini, peserta diajarkan cara-cara untuk membuka toko di Tokopedia. Selain itu, mereka juga diberikan pengetahuan lebih jauh mengenai apa saja fitur-fitur serta manfaat yang bisa didapatkan dari bejualan di Tokopedia. Perlu diketahui, bahwa untuk membuka toko online di Tokopedia adalah gratis alias tidak berbayar sama sekali.

Sekarang semua peserta sudah mempunyai toko online di Tokopedia, selanjutnya peserta dianjutkan utuk mempercantik tampilan toko dan memperbanyak jenis dangannya yang di jual, agar lebih menarik, sehingga pengunjung akan senang menunjungi toko tersebut.

Untuk mempercantik toko, banyak fitur tokopedia yang bisa dimanfaatkan, dan unruk lebih mudahnya, sebaiknya menggunakan laptop atau komputer desktop, karena jika hanya lewat gandet maka menu-menu yang kelihatan hanya terbatas. Namun untuk update bisa menggunakan gandet. Sedangkan notifikasi penjualan dan transaksi harus dilihat di gatget.

Pada sesi terakhir, Tokopedia memberikan kenang-kenangan kepada PPSW. Acara kemudian dituntaskan dengan foto bersama seluruh peserta dan Tokopedia.

Semoga setelah membuka Toko online di Tokopedia ini, para pendamping dan penanggungjawab produk-produk kelompok bisa membantu memasarkan produk-produk tersebut, sehingga semakin di kenal dan banyak pengunjung yang mengorder barang-barangnya. (Shd)