Citi Indonesia Salurkan Hibah Rp. 11,7 M Untuk 6 Lembaga Nirlaba Indonesia

ppsw-citi sigining2

LBdotcom, Jakarta – Citi Indonesia telah menyalurkan dana hibah USD 900.000 atau setara Rp 11,7 miliar kepada enam lembaga nonprofit untuk pelaksanaan berbagai program pengembangan kemasyarakatan di Indonesia.

Melalui Citi Peka (peduli dan berkarya) yang didukung Citi Foundation penyaluran dana tersebut merupakan bentuk peran aktif Citi Indonesia dalam mempromosikan kemajuan ekonomi sekaligus memperbaiki kualitas hidup masyarakat prasejahtera di Indonesia melalui inklusi keuangan, pemberdayaan pemuda, serta transformasi perkotaan.

Dalam acara ini Citi kembali bekerja sama dengan beberapa lembaga mitra pelaksana, yaitu UMKM–FEUI, Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Prestasi Junior Indonesia, dan Mercy Corps Indonesia, dengan tambahan dua lembaga baru, yaitu Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Indonesia Business Link.

“Citi Indonesia berkomitmen tidak hanya menjadi lembaga keuangan terpercaya, tetapi juga menjadi rekan dalam membantu meningkatkan perekonomian serta mengembangkan kemampuan masyarakat di Indonesia. Penandatanganan kerja sama dengan keenam lembaga mitra ini merupakan langkah nyata kami untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar CEO Citi Indonesia Batara Sianturi di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Selain dihadiri oleh perwakilan masing-masing lembaga, acara ini juga turut dihadiri oleh anggota Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S Soetiono. Kehadiran Kusumaningtuti adalah bentuk apresiasi dan dukungan OJK terhadap inisiatif Citi Indonesia dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas keuangan.

Dalam proses pertumbuhan, ia mengatakan Indonesia harus menyadari bahwa program-program pengembangan kemasyarakatan sangat diperlukan dan dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi, inklusi sosial, serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung inisiatif Citi Indonesia untuk berpartisipasi dalam mendukung pengembangan masyarakat di Indonesia. Kami berharap Citi dapat selalu memberikan dampak positif bagi berbagai komunitas di Indonesia,” ungkap Kusumaningtuti Soetiono.

Selain menyalurkan dana hibah dari Citi Foundation kepada lembaga-lembaga tersebut, Citi Peka juga turut melibatkan karyawan Citi Indonesia untuk berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

“Antusiasme dan partisipasi Citibankers memiliki peran penting dalam kesuksesan program kemasyarakatan Citi Indonesia di mana Citibankers dapat berbagi ilmu, pengalaman, serta keahlian yang dimiliki, sehingga kita dapat bersama-sama mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera,” ujar Batara.

Selama lebih dari 15 tahun berdiri, Citi Peka merupakan payung dari seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan serta mengapresiasi para pelaku UMKM dan lembaga keuangan mikro, pemberdayaan kewirausahaan muda, peningkatan literasi keuangan siswa sekolah dasar, petani dan wanita berusia matang.

Saat ini, Citi Indonesia telah memberikan dana bantuan sebesar USD 8 juta serta menjalin kerjasama dengan lebih dari 31 lembaga dalam mengimplementasikan 23 program kemasyarakatan di Indonesia. Pencapaian Citi Peka ini pun dirangkum pun dirangkum dalam sebuah buku Perjalanan Citi Peka: Peduli Sesama Berkarya Bersama yang turut diluncurkan hari ini.