Workshop Audio Visual Angkatan V

images_pelatihan av angkatan v3

“Saya ingin memproduksi video sendiri, agar kegiatan-kegiatan masyarakat di lapang terdokumentasi dengan baik, selama ini yang saya tahu hanya foto saja” demikian kata Mukti, salah satu peserta Workshop Audio Visual (AV), yang diadakan di kantor Asosiasi PPSW, tanggal 15-18 Juli 2013.

Workshop AV Angkatan V kali ini diikuti oleh 12 orang peserta khusus lembaga-lembaga anggota Asosiasi PPSW, yaitu PPSW Jakarta, PPSW Pasoendan, PPSW Borneo, PPSW Sumatra dan Sekretariat Nasional (Seknas) PPSW. Tujuan diadakan workshop adalah agar peserta mengerti tentang dasar-dasar dan jenis video, teknik pengambilan gambar dan mampu memproduksi video dengan baik.

Sedangkan materi yang diberikan adalah dasar-dasar video, peralatan kamera, teknik shooting, teknik wawancara, naskah dan story board sederhana serta teknik editing digital.

Workshop AV Angkatan V ini diselenggarakan bertepatan dengan bulan Ramadhan. Agar peserta tidak telalu lelah karena puasa, maka untuk praktek teknik shooting dan pengembilan gambar produksi video dilakukan di sekitar Kantor PPSW, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pada materi teknik shooting peserta diajarkan tentang bentuk-bentuk dasar pengambilan gambar, seperti long shoot (LS), medium shoot (MS), close up (CU) dan lain-lain. Kemudian komposisi, framing, arah pandang, background, pencahayaan, sudut pengambilan gambar (angle), pan, tilt, dan zoom. Hasil praktek pengambilan gambar ini kemudian di preview di ruang pelatihan disaksikan seluruh peserta, jika ada kekurangan diberikan masukan-masukan oleh fasilitator.

Setelah memahami teknik pengambilan gambar, peserta kemudian mengukuti materi survei lokasi, membuat naskah sederhana dan teknik wawancara, sebagai bekal praktek memproduksi video yang sesungguhnya.

Untuk produksi video Tim 1: Iqbal, Helga dan Ena, mengambil gambar dan kegaitan Pak Seno, pemilik warung sembako Jalan Swadaya Raya. Tim 2: Subur, Mukti dan Utie, mengambil gambar dan kegiatan tukang sol sepatu keliling yang biasa melayani masyarakat di Rawa Domba. Tim 3: Dyan, Tris dan Sri, mengambil gambar Ibu Erni, petugas bersih-bersih dan dapur kantor PEKKA, di Jalan Duren Sawit Asri. Sedangkan Tim 3: Salim, Arsul dan Eva, lebih memilik pengambilan gambar dan aktifitas Workshop AV Angkatan V yang sedang berlangsung.

Selesai melakukan shooting dan capture gambar (digitalisasi), atau pemindahan file bagi kamera video yang sudah menggunakan hardisk, kemudian peserta mengikuti materi pengantar editing, dilanjutkan dengan praktek editing menggunakan Adobe Premiere CS 3.

Berikut adalah judul video hasil produksi peserta:

Tim 1: Usaha Kelontong Seno
Tim 2: Bergantung Pada Sol Sepatu
Tim 3: Pengabdian Seorang Pekerja
Tim 4: Aktivitas Workshop AV Angkatan V

Setelah mengikuti Workshop AV, diharapkan lembaga-lembaga anggota Asosiasi PPSW dapat mendokumentasikan kegiatan-kegiatan lapangnya melalui video, karena selama ini lebih banyak menggunakan foto.

Hasil dokumentasi lapang tersebut, baik video maupun foto kemudian bisa di edit menggunakan software editing agar menjadi sebuah video yang mempunyai gagasan dan dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat. Selanjutnya video tersebut dapat digunakan sebagai bahan publikasi lembaga, media pelatihan, media pengorganisasian masyarakat, media kampanye dan lain-lain.

Kegiatan Workshop AV yang dilaksanakan oleh Seknas PPSW merupakan salah satu kegiatan yang sudah direncanakan saat Rapat Tahunan Asosiasi PPSW bulan Februari lalu dan ini merupakah tanggungjawab Seknas sebagai lembaga yang memberikan pengembangan kapasitas bagi lembaga-lembaga anggota Asosiasi PPSW.

Kedepannya diharapkan dokumentasi yang selama ini lebih banyak dilakukan oleh Seknas PPSW, bisa juga dilakukan oleh lembaga anggota, termasuk dalam hal memproduksi video untuk pemberdayaan masyarakat (shd).