Sumbangan Bantuan Korban Gempa Aceh

Pada hari Selasa, 2 Juli 2013 pukul 14.34 WIB telah terjadi Gempa besar yang menguncang wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Pusat gempa berlokasi 4,7 Lintang Utara-96,61 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Kilometer berada di darat 35 Kilometer barat daya Bener Meriah.

Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,2 SR hingga hari ini bertambah menjadi 40 orang. Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 31 orang meninggal di kawasan Aceh Tengah, sementara 9 orang tewas di Kabupaten Bener Meriah(KOMPAS).

“Hingga Minggu tercatat 40 orang meninggal” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers, Minggu (7/7/2013). Sutopo mengatakan, sebanyak 63 orang luka berat masih dirawat di rumah sakit dan 2.362 orang menjalani rawat jalan. Jumlah pengungsi mencapai 22.125 orang, dan sebanyak 15.919 rumah rusak. Gempa yang terjadi pada Selasa (2/7/2013) itu juga mengakibatkan kerusakan pada 623 bangunan fasilitas umum.

Dari pantuan relawan yang berada di lokasi bencana, bantuan sudah mulai mengalir ke lokasi-lokasi gempa baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, berbagai organisasi dan masyarakat lainnya. Namun karena lokasi dan medan yang sulit dan kampung yang terpencar-pencar, masih banyak tempat yang belum mendapat bantuan, terutama terpal dan selimut. Karena Aceh Tengah dan Bener Meriah adalah dataran tinggi yang kerap turun hujan, sehingga suhu amat dingin, hingga 14 drajat celcius di malam hari. Disamping itu, kebutuhan anak/balita, seperti susu bayi, makanan untuk anak balita, pakaian bayi dan keperluan balita lainnya juga masih sangat kurang.

Untuk itu kami dari Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) menghimpun dana dari lembaga Bapak/Ibu dan kawan-kawan maupun perorangan yang nanti akan dipergunakan untuk membeli terpal, selimut, dan keperluan balita  untuk diberikan langsung kepada korban gempa yang berada di titik-titik pengungsian, seperti desa Blang Mancung, Ketol, Bah (Aceh Tengah), Cekal (Bener Meriah) dan desa-desa lainnya yang menjadi wilayah terparah kerusakan akibat gempa tersebut.

Untuk mempermudah pendistribusian, kami hanya akan menerima sumbangan dalam bentuk uang yang dapat di transfer ke Rekening No. 008914314 atas nama Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) di Bank BNI.

Hasil sumbangan Bapak/Ibu dan kawan-kawan akan dibelanjakan kebutuhan pengungsi di Kota Takengon (ibu Kota Kabupaten Aceh Tengah) untuk selanjutnya akan didistribusikan oleh relawan ke titik-titik pengungsian tersebut diatas.

Demikian yang kami sampaikan. Semoga amal kebaikan Bapak/Ibu dan kawan-kawan akan mendapat pahala yang tak terhingga. Atas perhatian dan kepedulian Bapak/Ibu dan kawan-kawan, kami haturkan banyak terimakasih.

 
Salam,

Reny Hidjazie
Ketua Badan Pengurus Asosiasi PPSW


Kontak: M. Suhud
Manajer Sekretariat
Asosiasi PPSW (Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita)
Duren Sawit Asri Kav. 1 no. 1A
Jl Duren Sawit Asri (dh. Lapangan I), Swadaya Raya
Duren Sawit, Jakarta Timur
Telp: 021-8660 3788/89 Fax: 021-8660 3789
e-mail: Sekretariat@ppsw.or.id
http://www.ppsw.or.id