Pendidikan Finansial Untuk Hari Tua Yang Lebih Baik

Jakarta, Tabloid Cleopatra. Citi Indonesia melalui Citi Peka menghadiri kelas pendidikan yang diadakan oleh Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) di Koperasi Mandiri yang berlokasi di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari komitmen Citi Peka dan PPSW sebagai salah satu LSM Perempuan di Indonesia untuk membekali wanita berusia matang di atas 40 tahun dan berpenghasilan rendah di Indonesia melalui pendidikan keuangan yang dapat mereka terapkan untuk mempersiapkan hari tua mereka.

PPSW terpilih sebagai salah satu dari 7 LSM yang bekerja bersama Citi Peka untuk pelaksanaan program di tahun 2013 di bidang pemberdayaan perempuan, khususnya yang berada di strata sosial ekonomi terendah dalam masyarakat yang terkonsentrasi di berbagai daerah.

“Program pendidikan keuangan ini diadakan setiap minggunya selama 6 bulan dengan mengangkat topik keuangan yang penting dan terkait dengan kehidupan mereka sehari-hari,” kata Titik Suryatmi, salah satu trainer PPSW di Koperasi Mandiri (16/04/13).

Program kelas keuangan diadakan di 6 kota di Indonesia, yaitu di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Riau dan Aceh . Di Jakarta sendiri, Koperasi Mandiri terpilih sebagai salah satu tempat pengadaan pendidikan keuangan dari bulan Januari 2013 hingga Juni 2013.

“Program ini sendiri merupakan program pendidikan keuangan pertama yang ditujukan bagi wanita berusia matang berpenghasilan rendah di Indonesia,” ujar Wirda, salah satu trainer PPSW lainnya.

Program ini membuka kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan pengetahuan dan keahlian praktis terkait manajemen keuangan pribadi, tabungan, pengelolaan utang, dan kebebasan finansial di usia lanjut. Program yang berjalan selama 6 bulan ini mengangkat 6 tema keuangan yang berbeda setiap bulannya, yaitu (1) Penilaian diri dan menatap masa depan, (2) Membuat anggaran dan tabungan, (3) Jaringan perlindungan keuangan, (4) Pinjaman dan hutang, (5) Investasi, dan (7) Rencana keuangan.

Untuk bulan April ini, peserta kelas keuangan di Koperasi Mandiri telah memasuki modul keempat, yaitu “Pinjaman dan Hutang”. Sesi kelas diadakan sekali setiap minggunya dan terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas pagi (Pk.10.00-12.00) dan kelas siang (Pk.13.00-15.00).

Setiap sesi kelas diadakan selama 2 jam dan dihadiri oleh sekitar 30 wanita paruh baya yang antusias dalam mendapatkan pemahaman dalam mengelola keuangan yang baik. Para peserta terdiri atas anggota beberapa koperasi sekitar dan mayoritas dari mereka berusia 40-50 tahun.

Sesi kelas diadakan secara interaktif dan menarik sehingga para peserta antusias dalam mengikutinya setiap minggu selama 6 bulan penuh. Melalui sesi tersebut, peserta diharapkan mampu memahami dan mengubah pola pikir mereka menuju pengelolaan keuangan yang baik, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, seperti adanya peningkatan jumlah tabungan, investasi, serta mampu mengepakkan sayap usaha mereka.

Untuk mempermudah peserta dalam memahami materi, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil untuk membahas contoh kejadian yang dekat dengan kehidupan mereka. Setiap kelompok juga dibimbing untuk memperbaiki pola pikir mereka dalam mengelola keuangan dengan lebih bijak melalui beragam contoh sederhana.

Di akhir sesi,setiap kelompok dipersilakan untuk melakukan sebuah simulasi terkait tema keuangan yang diangkat untuk mempermudah mereka dalam menyerap materi yang diberikan.

“Kami kagum akan semangat para peserta dalam mengikuti kelas pendidikan keuangan ini. Semangat ini semakin memantapkan komitmen kami untuk memperluas jangkauan pendidikan keuangan pada masyarakat di berbagai usia,” tutup Agung Laksamana, Head of Corporate Affairs Citi Indonesia yang hadir sebagai salah satu Citi Volunteer di kegiatan ini.