Semangat yang Tak Pernah Surut

Ibu Nurul ditempatkan di sebuah sekolah yang berada di daerah Kumis (Kumuh dan Miskin). ”Apapun keadaannya aku  harus syukuri karena ini amanah yang harus kuemban”  kata bu nurul. Dahulu saat  kondisi sekolah rusak parah akses masuk ke sekolah melewati gang sempit yang hanya bisa dilalui satu orang saja, kalau berpapasan dengan orang lain, salah satu harus berhenti dulu lanjut ibu nurul sambil tersenyum manis……

Di belakang sekolah sampah menggunung karena kebiasaan warga di lingkungan sekolah melempar sampahnya ke sekolah. Maklum warga di lingkungan sekolah sebagian besar adalah penduduk musiman dengan mata pencaharian sebagai pengamen, pengemis, tukang cuci, dan berbagai mata pencaharian yang tidak jelas. Tentunya, latar pendidikan mereka pun sangat rendah. Anak-anak di sekolah dengan latar belakang seperti ini, terbiasa dengan sikap yang masa bodoh, tidak disiplin, tidak peduli, dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Daya dukung orang tua murid dan warga sekitar sekolah pun sangat rendah. 

Ternyata tidak hanya masalah itu saja yang kuhadapi, tepat dua bulan aku bertugas di SDN Klender 12 Pagi, sekolah yang memang sudah tua roboh. Sekolah roboh beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Akhirnya, sekolah direhap. Kondisi sekolah yang baru direhab tentunya menambah semangatku untuk berbenah dan mempercantik sekolah. Pengadaan mebel-mebel baru, pembangunan kantin dan taman membuat sekolah menjadi indah dan nyaman.  

Sampai SD 12 bermitra sama PPSW Jakarta kata bu Nurul. Semangat untuk membenahi sekolah semakin lama semakin besar dan berkat bantuan dari PPSW berupa berbagai pelatihan serta bantuan secara fisik dan beasiswa semua itu memacu semangatku untuk lebih maju. Saya malu kalau sudah dibantu tidak kelihatan hasilnya kata bu nurul dengan semangat empat lima…. Kalau ingin melihat hasil kerja keras dan semangat  untuk maju silahkan datang ke SD N 12 pagi klender. Kami siap menerima kehadiran  siapapun yang memiliki semangat yang sama buat kemajuan dunia pendidikan.