Koperasi Tersehat di Jakarta Timur tahun 2011

Koperasi wanita Flamboyan setelah 1 tahun perjalanan didampingi secara intensif oleh HIVOS dan seorang  konsultan, dipantau dan dimonitor oleh PPSW Jakarta, telah mengalami beberapa kemajuan baik secara administrasi manajerial ataupun pengelolaan koperasi.

Tahun 2010 jumlah anggota 512, pada Desember 2011 telah bertambah dan mengalami kenaikan menjadi 843 anggota karena telah diluncurkannya produk Tabungan dan Pinjaman harian untuk masyarakat umum yang belum menjadi anggota Koperasi. 

Pendapatan Koperasi Flamboyan mengalami kenaikan, di tahun 2011 mempunyai program kerja membangun kantor, membeli sepeda motor yang dipakai untuk penagihan oleh bagian kredit dan membeli inventaris kantor yang lebih memadai dan menunjang pekerjaan pengelola.

Jumlah Kewajiban dan modal Desember 2010 sebesar 1,8 M, Desember 2011 sebesar 2,2 M ada peningkatan  sekitar 24%. Sementara jumlah pinjaman yang dicairkan meningkat 34%, dari 1,4 M menjadi 1,9 M.

Pemberian jasa SIMPATIK setiap bulan untuk anggota juga sudah mulai diterapkan sehingga anggota sudah merasakan manfaat dari menabung di Koperasi. Transaksi yang bisa dilakukan setiap hari dirasakan bermanfaat bagi anggota sehingga waktu tidak lagi menjadi hambatan. Administrasi pembukuan dan keuangan menjadi lebih rapi dan bisa dipantau setiap hari.

Ada sosialisasi mengenai koperasi , kebijakan koperasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan pengurus  ke anggota setiap kali unit buka kas, sehingga komunikasi dan informasi dari dan untuk anggota terjalin dengan baik. Banyak hal yang bisa didiskusikan dan dibicarakan dalam pertemuan itu yang bermanfaat bagi perkembangan koperasi Flamboyan.

Komunikasi  pengurus dan pengelola yang terjalin baik, akrab dan terbuka menjadikan kondisi kerja koperasi juga semakin nyaman dan baik. Keterbukaan pengurus untuk mengangkat pengelola sangat mendukung dan menunjang setiap pekerjaan dan keputusan yang diambil untuk kebaikan Koperasi. 

Pada tahun 2011 Koperasi Flamboyan mendapat predikat sebagai Koperasi Tersehat se Jakatra Timur. Predikat ini memacu pengurus, pengelola dan anggota koperasi untuk lebih berbenah diri dan meningkatkan kinerja sehingga bisa mencapai hasil yang lebih gemilang untuk kesejahteraan semua. (Wiwik Widyowati,  Manager Koperasi Flamboyan)