Menjadi Lebih Paham tentang Warisan dan Wasiat


“Dari modul  1 sampai 6 Alhamdulillah terasa sekali manfaatnya. Saya menjadi lebih kuat untuk mempersiapkan masa tua nanti. Apalagi suami saya belum lama ini meninggal dunia. Kebetulan juga dalam salah satu modul ada yang mempelajari tentang hak  warisan dan wasiat, jadi saya semakin paham. Kita harus mempersiapkan sejak awal, dokumen-dokumen penting itu harus tersimpan rapi, jangan sampai hilang”

Demikian ungkapan Ibu Eneng Rina ketika ditanya  tentang manfaat mengikuti pelatihan Pendidikan Keuangan untuk Perempuan Matang di Karawang, yang dilaksanakan sejak September 2012-Januari 2013. Pelatihan tersebut diikuti oleh 32 perempuan dampingan PPSW Pasoendan yang berusia 40 tahun keatas.

Materi Hukum dan Wasiat yang dimaksud bu Rina terdapat dalam Modul 6 yaitu Sesi 3. Dalam sesi tersebut peserta mendapat gambaran mengenai hukum Islam tentang warisan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta mengenai warisan menurut hukum Islam.  Disamping itu, mengeksplorasi bagaimana hukum Islam perlu mempertimbangkan hukum adat, didalam situasi keluarga dimana timbulnya masalah warisan dan hukum negara menjadi taruhannya.

Peserta diarahkan untuk mencari dalil-dalil yang berhubungan dengan warisan dan bagaimana posisi seorang perempuan dalam Islam terkait dengan warisan.

Selain itu perserta  diajak memahami betapa pentingnya membuat surat wasiat, karena usia peserta yang sudah beranjak tua. Dengan membuat surat wasiat yang benar  dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari terkait dengan harta bendanya.

Pelatihan yang mempelajari 6 modul tersebut difasilitasi oleh Catur Yulianti Handayani, pendamping lapang PPSW Pasoendan yang mendampingi wilayah karawang. Untuk menjadi trainer pendidikan keuangan, Yanti telah mengikuti TOT Pendidikan Keuangan yang difasilitasi oleh Tim Trainer dari TSAO Foundation  Singapure, dan telah mendapat sertifikat.

Setelah mengikuti kelas pelatihan selama 6 bulan, peserta pelatihan Angkatan II untuk wilayah Karawang tersebut melaksanakan wisuda pada tanggal 26 Januari 2013 di Balai Desa Pinayungan. Peserta yang dinyatakan lulus dan mengikut peserta sebanyak 27 orang dari 32 peserta yang terdaftar. Salah satu syarat kelulusan adalah minimal kehadiran 80% dari 24 kali pertemuan.

Selain peserta yang dinyatakan lulus, acara wisuda dihadiri juga oleh sanak keluarga peserta, Ibu Kepala Desa, anggota BPD dan perwakilan dari Asosiasi PPSW.  Siti Sarah, Ibu Kepala desa yang sekaligus Ketua PKK di Desa Pinayungan, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang  yang hadir dalam Acara Wisuda tersebut dalam sambutannya mengatakan “Saya menyampaikan terimakasih kepada PPSW yang telah mendampingi ibu-ibu rumah tangga di desa Pinayungan ini, semoga kegiatan pendidikan keuangan ini akan bermanfaat untuk ibu-ibu yang telah ikut pelatihan dan juga dapat disampaikan kepada ibu-ibu yang belum mendapatkan pendidikan serupa”. (shd).