Workshop Penulisan Modul Pendidikan Keuangan

ImagePeluncuran program Pendidikan Keuangan, Kesehatan dan Kelanjutusiaan untuk Perempuan Matang telah dilakukan pada 22 Juni 2011 di Hotel Kaisar, Jakarta. Launching program ini merupakan salah satu upaya PPSW mensosialisasikan mengenai kebutuhan keuangan, kesehatan dan kelanjutusiaan untuk perempuan matang (40+) kepada masyarakat, agar masyarakat khususnya perempuan mempunyai persiapan  untuk merencanakan masa tua yang bahagia.

Pada fase berikutnya, Program Pendidikan Keuangan, Kesehatan dan Kelanjutusiaan untuk Perempuan Matang yang didanai oleh Citi Foundation ini akan dilaksanakan melalui kelas belajar tematik semacam kursus selama 6 bulan di wilayah dampingan Asosiasi PPSW yaitu Jakarta, Pandeglang, Jawa Barat, Aceh, Riau dan Pontianak.

Untuk mempersiapkan kelas belajar tematik tersebut, perlu ada panduan kurikulum untuk pegangan fasilitator atau trainer. Oleh karena itu tim Asosiasi PPSW melaksanakan workshop Penulisan Modul Pendidikan Keuangan, Kesehatan dan Kelanjutusiaan untuk Perempuan Matang, pada tanggal 27-29 Juli 2011, di Guest House Senior Club Indonesia, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Workshop tersebut diikuti oleh 10 orang staf Asosiasi PPSW yaitu PPSW Jakarta, PPSW Pasoendan, PPSW Borneo, PPSW Sumatra dan Sekretariat PPSW, difasilitasi oleh Susana Concordo Harding dan May Ann dari TSAO Foundation Singapore. Tujuan workshop adalah untuk menyusun kurikulum yang komprehensif mengenai Pendidikan Keuangan, Kesehatan, dan Kelanjutusiaan untuk Perempuan Matang (40+) dan membuat formula modul yang dapat diimplementasikan oleh  perempauan basis dampingan PPSW khususnya serta perempuan Indonesia pada umumnya.

Seluruh tim mendiskusikan 6 Modul (setiap modul terdiri dari 4 sesi),  yaitu:

   Modul 1: Penilaian Diri Sendiri dan Melihat Masa Depan

   Modul 2: Penganggaran dan Tabungan

   Modul 3: Jaring Pengaman

   Modul 4: Pinjaman dan Tagihan

   Modul 5: Investasi dan Kewirausahaan

   Modul 6: Perencanaan Keuangan

Modul tersebut akan difinalisasi di Kantor TSAO Singapore, dan akan digunakan untuk panduan pada kelas tematik selama 6 bulan mulai bulan Oktober 2011 kepada 600 orang perempuan dampingan PPSW yang telah berumur diatas 40 tahun.

Setelah mengikut pendidikan ini peserta akan dapat Meningkatkan pengetahuan dan kesadarannya tentang perencanaan keuangan yang lebih baik untuk masa depan, serta dapat membuat rencana keuangan untuk memastikan kondisi keuangan yang lebih baik di usia tuanya kelak (shd).