Citi Indonesia, PPSW dan Tsao Foundation Luncurkan “Financial Education for Mature Women”

Program Pendidikan Keuangan Pertama di Indonesia Bagi Wanita Matang Berusia 40 Tahun ke Atas.

ImageJakarta Citi Indonesia bersama Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) dan Tsao Foundation Singapura untuk pertama kalinya menyelenggarakan program “Financial Education for Mature Women.” Ini merupakan program pendidikan keuangan pertama di Indonesia bagi wanita berusia matang 40 tahun keatas.

Kegiatan peluncuran program ini diselenggarakan pada tanggal 22 Juni, 2011 bertempat di Hotel Kaisar Jakarta mengetengahkan dialog publik bertema Pendidikan Keuangan, Kesehatan dan Kelanjutusiaan untuk Perempuan Matang (40+). Program ini akan berlangsung selama 14 bulan dengan menggelar serangkaian lokakarya. Peserta lokakarya tersebut akan dibekali dengan pengetahuan praktis dan ketrampilan seperti pengelolaan keuangan sehari-hari, siasat menghindari jerat hutang, pentingnya menabung dan persiapan pensiun sebagai jaminan keuangan hari tua.

Fase pertama program ini beriorientasi pada pengambilan data mengenai kondisi dan kebutuhan anggota kelompok berusia 40 tahun keatas di 18 kabupaten/kota wilayah dampingan PPSW. Untuk fase ini, Citi Foundation telah mengalokasikan dana sebesar 105,000 US dollar yang digunakan untuk menjalankan “Asesmen Kebutuhan Finansial dan Kesehatan pada Perempuan Usia 40 tahun ke atas” yang dilakukan oleh Pusat Studi Kelanjutusiaan Ul terhadap 350 responden di tujuh lokasi dampingan PPSW yaitu DKI Jakarta, Karawang, Sukabumi, Pontianak, Riau, Aceh dan Banten. Data yang diperoleh kemudian akan dijadikan landasan untuk pembuatan modul dan implementasi program Financial Education for Mature Women yang akan dilakukan pada fase berikutnya, dimana Citi Foundation juga telah mengalokasikan dana sebesar 130,000 US dollar.

Menurut Prof.Dr.Drg. Tri Budi W Rahardjo, Center for Ageing Studies-Universitas Indonesia (CAS-UI) “Hasil observasi pada fase pertama program ini memberikan kesimpulan bahwa perempuan matang (40+) belum memiliki kesadaran dan pengetahuan serta pemahaman tentang perencanaan dan pengelolaan finansial untuk masa depan, untuk itu, sosialisasi tentang kebutuhan finansial pada perempuan matang (40+) sangatlah penting agar masyarakat, khususnya perempuan mempunyai persiapan untuk merencanakan masa tua yang bahagia.”

Tigor M Siahaan, Country Business Manager Citi Indonesia mengatakan, “Program Financial Education for Mature Women ini merupakan salah satu komitmen dan sumbangsih Citi dibidang pendidikan keuangan bagi masyarakat, khususnya perempuan matang (40+) di Indonesia.” “Program ini diharapkan dapat mendukung gerakan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas,” tambahnya.

Menurut data yang diperoleh, sekitar 64,918,918 populasi masyarakat Indonesia berusia 40 tahun keatas, dimana 41.7 persennya adalah perempuan dan 69.4% dan diantaranya yang masih aktif bekerja. Data statistik BPS 2009 menunjukkan, kurang lebih 32.53 juta masyarakat Indonesia berada dibawah garis kemiskinan, dengan usia rata-rata kepala keluarga 48 tahun.

Melalui program Financial Education for Mature Women ini, sekitar lebih dari 4,500 wanita akan merasakan manfaat yang sangat besar dari program ini dan pada tahun 2011 sedikitnya 600 wanita akan mengikuti program pendidikan finansial. Mayoritas mereka berlatar belakang pendidikan SD dan bekerja di berbagai sektor informal sebagai penjahit, petani, peternak, buruh pabrik, pengrajin, pedagang kecil, penjual makanan, dll dan berpenghasilan kurang dari Rp.500,000 per bulan.


Tentang Citi

Citi, perusahaan finansial terkemuka di dunia, memiliki sekitar 200 juta nasabah dan memiliki transaksi bisnis di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi. Citi menawarkan beragam produk dan layanan finansial kepada konsumen, korporasi, pemerintahan dan institusi. Produk-produk tersebut, mencakup perbankan ritel dan kredit, perbankan korporasi dan investasi, perdagangan sekuritas, jasa transaksi, serta wealth management. Informasi lengkap dapat diperoleh di Web Citi Group.

Citi Foundation berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan ekonomi dan layanan perbankan yang terjangkau bagi individu dan keluarga yang membutuhkan, yang berada pada komunitas dimana kami bekerja sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Secara global, tujuan Citi foundation adalah untuk memfokuskan pemberian dana pada beberapa bidang: keuangan mikro, pengembangan usaha, pendidikan bagi generasi muda dan mata pencaharian, serta kemampuan finansial dan pengembangan aset. Citi Foundation bekerjasama dengan beberapa partner dalam keungan mikro dan pengembangan usaha untuk mendukung berbagai program lingkungan dan inovasi. Informasi lengkap dapat diperoleh di Web Citi Foundation.

Tentang PPSW

Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), adalah sebuah jaringan NGO yang didirikan pada tahun 1986. Saat ini Asosiasi PPSW beranggotakan 4 organisasi yaitu, PPSW Jakarta, PPSW Pasoendan, PPSW Borneo dan PPSW Sumatra. Visi Asosiasi PPSW adalah pemberdayaan perempuan dan transformasi sosial pada peran dan status perempuan didalam masyarakat melalui peningkatan akses dan kontrol terhadap sumberdaya yang ada sehingga dapat tercipta masyarakat yang lebih egaliter, demokratis dan berkeadilan jender.

PPSW, merupakan salah satu LSM perempuan di Indonesia yang terus konsisten mengembangkan dan mendampingi kelompok-kelompok perempuan di basis sejak berdirinya di tahun 1986 sampai saat ini. Hingga saat ini lebih dari 14,000 orang perempuan basis yang tergabung dalam 457 KWPS (Kelompok Wanita Pengembang Sumberdaya) yang tersebar di 6 provinsi – DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Riau, dan Aceh. Informasi lengkap lihat Tentang Asosiasi PPSW. (Sumber: Siaran Pers Citi Indonesia).