Forum Federasi Serikat Perempuan Basis Indonesia (FSPBI)

ImageTepuk tangan peserta membahana ketika Hj. Otin wakil dari SPB Jakarta terpilih sebagai ketua Federasi Serikat Perempuan Basis Indonesia (FSPBI), periode 2011-2013. Paling meriah adalah peserta dari wilayah Jakarta yang merupakan pendukung Hj.Otin.

Hj. Otin terpilih dengan memperoleh 33 suara, menyisihkan calon ketua lainnya yaitu Rohaeti (24 suara), Irma Suryani (4 suara), Yuliati (7 suara) dan Fathonah (0 suara).

Pertemuan Forum FSPBI yang diselenggarakan di Hotel Bintang Griyawisata – Jakarta Pusat, tanggal 13-17 Desember 2010 tersebut dihadiri oleh 109 peserta dari 6 propinsi yaitu Aceh (SPB Aceh Bangkit), Riau (SPB Rokan Hilir), Banten (SPB Banten), Jakarta (SPB Jakarta), Jawa Barat (SPB Tatar Sunda) dan Kalimantan Barat (SPB Khatulistiwa).

ImageSebelum penyelenggaraan Forum FSPBI ini di wilayah-wilayah telah diadakan Mubes oleh masing-masing SPB (Serikat Perempuan Basis) wilayah, dan telah memilih pengurus dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga tingkat Propinsi.

Sehingga bagi pengurus SPB wilayah yang terpilih menjadi pengurus FSPBI harus melepaskan kepengurusannya di SPB wilayah, agar para pengurus tingkat pusat tersebut bisa menjaga netralitasnya untuk memajukan FSPBI.

Sehari sebelum pemilihan ketua FSPBI, diadakan seminar dengan menampilkan 4 nara sumber, yaitu Lely Jaelani – Hapsari Medan, dengan materi Serikat Perempuan Basis. M. Khairul Anam – HRWG, dengan materi Advokasi Kebijakan, Nurul Arifin – Anggota DPRRI Komisi II 2009-2004, dengan materi Pendidikan Politik dan Nani Zulminarni – Koordinator Nasional PEKKA dan Wali Amanah Asosiasi PPSW, dengan materi Advokasi Akar Rumput.

ImagePertemuan tersebut juga membahas AD/ART FSPBI yang akan dijadikan acuan bagi perjalanannya kedepan. Pembahasan AD/ART dan pemilihan pengurus dilakukan dalam sidang-sidang yang dipimpin oleh ketua sidang yang dipilih langsung oleh peserta. Diakhir setiap sidang dibuatkan berita acara, yang ditandatangani oleh seluruh pimpinan sidang.

Hari ke 3 pertemuan sedianya dilakukan hearing atau kunjungan ke 3 instansi yaitu Kesbangpol – Depdagri, Kaukus Perempuan Parlemen – DPRRI, Subdit Pendidikan Perempuan – Ditjen PNFI Depdiknas. Namun seluruh lembaga tersebut tidak memberikan konfirmasi yang pasti atas kesediaan menerima kunjungan peserta.

Seluruh peserta merasa kecewa atas ketidaksediaan lembaga-lembaga tersebut untuk dikunjungi. Untuk mengobati kekecewaan peserta, panitia langsung mengajak peserta mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan menggunakan 3 bus yang sudah menjemput sejak pagi hari di hotel.

Di TMII peserta diberi kebebasan untuk mengunjungi wahana apa saja sesuai keinginan peserta masing-masing. Tampaknya kekecewaan peserta sedikit terobati dengan perjalanan ini.

ImageDihari akhir pertemuan, masing-masing perwakilan SPB membuat rencana kerja yang akan dilaksanakan di wilayahnya dalam 1 tahun kedepan. Sedangkan pengurus FSPBI membuat rencana kerja tahun 2011 untuk tingkat nasional.

Berikut Pengurus SPBI Periode 2011-2013 selengkapnya:

Wali Amanah:                                           
– Yayah Sobariyah (Advokasi)

– Ratu Viva Saptarina (CO)

– Rosmaniar (Organisasi/Kelembagaan)

Ketua         : Hj. Otin
Sekretaris   : Rohaeti
Bendahara  : Yuliati

ImageDivisi Organisasi/Kelembagaan:
Sri Sumarni
– Irma Suryani

Divisi CO (Pengorganisasian Masyarakat):
– Nuryani
– Fathonah

Divisi Advokasi:
– Laili Isro
– Hj. Neng Rina