Pelatihan Audio Visual: Shooting, Lighting dan Editing, Angkatan II

av_shoting4 (1)

Pada tanggal 19-22 Januari 2010, telah dilaksanakan Pelatihan Audio Visual: Shooting, Lighting dan Editing di Kantor PPSW, Duren Sawit, Jakarta Timur, dengan peserta dari   PT. Gamya, difasilitasi oleh fasilitator yang berpengalaman dalam bidang-bidang tersebut.

Pelatihan di hari pertama diawali Imagedengan pengenalan tentang produksi video, peralatan kamera, teknik-teknik shooting, praktek shooting dan diakhiri dengan teori dan praktek lighting.

Hari kedua dimuali dengan membuat script sederhana untuk persiapan praktek shooting. Selanjutnya praktek membuat produksi video “sekuen Penjemputan Penumpang bagi pengemudi Taksi Gamya”. Shooting dilakukan di sekitar kantor PPSW dengan dua orang “bintang film” dadakan, yang berperan sebagai Supir Taksi dan Penumpang. Shooting dilakukan hingga sore hari.

Di hari ketiga, peserta melakukan praktek editing dari hasil shooting hari kedua. Namun sebelumnya diawali dengan pengetahuan teknik editing dan penggunaan Adobe Premiere Pro 2.0. Editing dilakukan hingga sore hari dan dilanjutkan setengah hari pagi pada hari ke empat selanjutnya praktek burning menggunakan Adobe Encore 2.0. Dengan software ini DVD hasil produksi peserta bisa dibuat per-seksi, dengan menu awal yang tampil di layar video.

Selesai rehat siang di haImageri ke empat, peserta mendalami kembali teknik lighting, dengan praktek langsung menata pencahayaan sebuah produksi indor yang dilakukan sendiri oleh peserta, dengan menggunakan beberapa lampu khusus lighting. Dalam tata cahaya tersebut peserta melalukan praktek wawancara yang juga menggunakan “bintang tamu” dadakan.

 Hasil dari pelatihan ini adalah, peserta dapat memproduksi 1 video pendek dalam format Digital Video (DV) dan High-Devinition Video (HDV) berjudul: Sekuen Menyemput Pelanggan. Secara umum peserta merasa puas mengikuti pelatihan audio visual ini “Pelatihan ini cukup efektif karena lebih banyak praktek yang bisa diaplikasikan langung” demikian kata Gunaryo dalam lembar evaluasinya.

 Namun ada beberapa saran juga yang perlu diperhatikan untuk pelatihan-pelatihan berikutnya “Waktu pelatihan 4 hari sangat singkat, kalau bisa diperpanjang hingga 6 hari”  ungkap Haryanto.

 ImageDiwaktu-waktu mendatang Divisi Audio Visual PPSW akan tetap mengadakan pelatihan Audio Visual untuk masyarakat umum, baik video untuk pemberdayaan masyarakat maupun video-video bertema umum lainnya.

***
Jika anda tertarik mengikuti pelatihan Audio Visual (Video); Shooting, Lighting dan Editing atau Video Untuk Pemberdayaan Masyarakat dapat menghubungi :

M. Suhud
Sekretariat PPSW
Email: sekretariat@ppsw.or.id, suhudws@yahoo.com
Telp: 021-8660 3788/89, Fax: 021-8660 3789.