Kopwan Prima ‘Unjuk Gigi’ di Pekan Raya Koperasi DKI Jakarta 2009

ImageDalam menyambut HUT DKI dan Hari Koperasi, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta mengadakan Pekan Raya Koperasi 2009 di Parkir Timur IRTI Monas. Pekan Raya Koperasi (PRK) ini berlangsung dari tanggal 1-5 Juli 2009 dengan tema "Memantapkan Peran Gerakan Koperasi dalam Dinamika Perubahan Global". Dengan peserta sekitar 100 koperasi, PRK ini diharapkan dapat menggairahkan kegiatan koperasi di Jakarta dan dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas koperasi dalam mengembangkan produk dan kemampuan anggota koperasinya. Peserta pameran ini akan memperkenalkan produk mereka masing-masing seperti produk kayu dan rotan, logam dan batuan, kain, konveksi, produk cair/atsiri, makanan dan minuman serta produk lainnya, bahkan salah satu stan juga memperlihatkan proses membatik. Tidak hanya pameran produk, acara ini juga dimeriahkan oleh pagelaran kesenian dan budaya Betawi. Pameran ini dapat diakses oleh semua kalangan pengunjung pameran sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis.

 

Salah satu dari 100 peserta PRK, adalah Koperasi Wanita Prima. Ini adalah kali kedua koperasi yang beralamat di Gandaria, Jakarta Selatan tersebut mengikuti PRK, sebelumnya pada tahun 2008 Kopwan Prima mengikuti PRK di Gedung Smesco, Tanah Abang. Koperasi Wanita Prima merupakan koperasi dampingan PPSW yang berdiri sejak 1996, dan sudah sering mendapatkan undangan pelatihan, pameran dan penghargaan dari Dinas KUMKMP DKI Jakarta. Selain Kopwan Prima, Koperasi Anggrek Putih dan Nur-Hikmah yang merupakan koperasi dampingan PPSW, juga aktif mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Dinas KUMKMP DKI Jakarta, namun baru Kopwan Prima lah yang diundang mengikuti Pekan Raya Koperasi ini.


Kopwan Prima mendapatkan undangan dari Dinas KUMKMP DKI Jakarta untuk mengikuti PRK tanpa dimintai biaya administrasi “ya gratis mbak, kalo bayar ya kita ga bisa bayarnya” sahut ibu Hj. Asmaniah yang mewakili Kopwan Prima. Beliau juga mengatakan bahwa mereka merasa senang telah diberikan kesempatan dalam mengikuti acara ini karena mereka bisa lebih memperkenalkan Kopwan Prima dan bisa berkenalan dengan koperasi-koperasi yang lain yang ada di DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, Kopwan Prima menampilkan produk garmen/konveksi yang diproduksi oleh 5 anggota kelompoknya seperti baju dewasa, baju anak-anak, selimut, sarung bantal, taplak meja, dll. Ketua Kopwan Prima, yaitu ibu Hj. Budiarti juga menambahkan “dengan mengikuti PRK ini, kami juga bisa memperkenalkan produk-produk dari anggota kami dan membantu penjualannya. Bahkan kami diajak kerjasama dengan koperasi lain (yang sama-sama peseta PRK) untuk bekerjasama dalam memasarkan produknya, produk mereka berupa keramik seperti gelas, mangkok, piring, dan lain-lain”. 

 
Mereka mengharapkan ajang ini bisa dilakukan setiap tahun dan dapat menampung koperasi-koperasi dampingan PPSW yang lain.  Berdasarkan data Dinas KUMKMP DKI di Jakarta ada 7.203 koperasi, terdiri dari 2.556 tidak aktif dan 4.647 koperasi yang masih aktif.  Koperasi yang masih aktif menjalankan usahanya di Jakarta Pusat ada 1.057 unit, Jakarta Selatan ada 1.279 unit, Jakarta Barat sebanyak 529 unit, Jakarta Timur ada 1.175 unit, Jakarta Utara sebanyak 589 unit dan Kepulauan Seribu ada 18 unit. Dari total 7.203 koperasi yang ada di Jakarta, 9 diantaranya adalah koperasi dampingan PPSW yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Utara. @chiet