Pelatihan Audio Visual “Video untuk Pemberdayaan Masyarakat”, Angkatan I

pelatihan_av91

“Pelatihan video dengan model seperti ini sangat tepat diadakan, karena para peserta dapat mempelajari seluk beluk kamera, teknik dan praktek shooting, editing, hingga produksi video….”. Demikian penuturan Marhaidi Effendi, peserta dari PT. PTP Nusantara VII Bandar Lampung, usai menyaksikan “video screening” hasil produksi tim-nya pada kegiatan Pelatihan Audio Visual “Video untuk Pemberdayaan Masyarakat” yang diselenggarakan oleh PPSW tanggal 22-25 Juli 2008.

Siang itu, memang tengah diadakan acara  video creening hasil produksi 3 tim peserta pelatihan, acara untuk mengevaluasi hasil produksi tim ini ditonton oleh staf PPSW dan PEKKA (Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) yang kebetulan sedang berada di kantor.  Video-video hasil produksi tim tersebut adalah:
  1. Menjaring Rajungan Demi Rupiah, dengan pengambilan gambar dan narasumber di Muara Agke, Jakarta Utara
  2. Sampah Membawa Berkah, dengan pengambilan gambar dan narasumber video di Pondok Ranggon, Jakarta Timur
  3. Potret Pedagang Kaki Lima, dengan pengambilan gambar dan narasumber video di Ciracas, Jakarta Timur

Banyak kritikan, penImagedapat maupun evaluasi yang di lontarkan oleh audiens, diantaranya sebagaimana yang diungkapkan oleh Mien Rianingsih (Wali Amanah PPSW) “Umumnya pengambilan gambar sudah bagus, tidak goyang, komposisinya lumayan, tapi saat proses editing dan penggabungan gambar, banyak gambar yang tidak nyambung atau lompat…” atau seperti yang diutarakan Tri Endang Sulistyowati (DIrektur PPSW Jakarta) “..antara Judul dan isi cerita video ada yang tidak nyambung, video yang judulnya pedagang kaki lima tapi ceritanya di pasar dan tidak fokus pada satu jenis dagangan, harusnya pedagang kain, tiba-tiba ada gambar peralatan make-up..”. Masih banyak lagi komentar dari penonton yang lainnya.

Memang wajar kalau video hasil produksi peserta pelatihan ini banyak menuai kritikan, karena meraka memang baru sekali ini memproduksi video, karena umumnya peserta pelatihan ini adalah pemula, sebelum pelatihan ini mereka adalah kameramen di lembaganya yang melakukan shooting untuk kegiatan dokumentasi lembaga dan belum pernah melakukan editing. Kritikan dan masukan dari pemirsa dapat dijadikan cambuk bagi para peserta jika kelak mereka memproduksi video yang lebih serius.

Pada praktek produksi video ini, setiap tim terdiri dari 3-4 orang,  mereka berbagi tugas sebagai Sutradara, Kameraman, Pewawancara dan Bagian Umum. Namun saat shooting di lapangan mereka  saling bertukar peran, agar merasakan semua peran tim video.
Dalam pelatiImagehan yang diselenggarakan selama 4 hari siang malam ini, fasilitator menyampaikan materi-materi tentang pengenalan video, peralatan kamera, komposisi gambar, praktek shooting,  membuat naskah sederhana, memproduksi video, editing, burning, packaging, dan menggunakan video untuk pemberdayaan masyarakat.

Mengapa video untuk pemberdayaan masyarakat? Karena diharapkan video hasil produksi peserta — baik saat pelatihan maupun produksi yang akan datang setelah mereka kembali ke lembaganya masing-masing – adalah sebuah video yang dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat yang menjadi audiens-nya. Dengan kata lain video tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat.


Video juga berfungsi sebagai media pengorganisasian masyarakat. Melalui video masyarakat dapat melihat gambar hidup yang dapat dijadikan contoh atau perbandingan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Masyarakat dapat melihat keadaan yang jauh dari mereka, lalu mendiskusikan dan menganalisa bersama pesan-pesan apa yang disampaikan dari video. Pesan-pesan yang baik dapat menjadi contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Peralatan yang digunakan pada pelatihan ini adalah kamera video Sony DV PD 170 dan Sony HDV-FX1E, tripod Libec TC-6, Clip On Mic Wireless Sennheiser TW 100, Handheld mic Sennheiser E 835S,  lampu-lampu, reflector, komputer editing digital dengan processor core 2 duo , dlsb.Image

PPSW menyelenggarakan pelatihan atau workshop video bagi pemula seperti ini untuk kalangan LSM, pemerintah, perusahaan, lembaga pendidikan dan masyarakat umum. Jika anda berminat segera hubungi M. Suhud di sekretariat@ppsw.or.id, suhud@ppsw.or.id, suhudws@yahoo.com, Tel: 021-8660 3788.